Cara jualan di Shopee hingga Mencapai Omset 400 Juta/ Bln

Bagi para orang baru, memulai berjualan di Shopee sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi, yang menjadi permasalahan utama nya bukan mengenai bagaimana cara jualan di Shopee. Tetapi bagaimana cara mendapatkan penjualan yang banyak dari Shopee.

Saya sudah 2 tahun menjadi Penjual di Shopee, dan benar- benar sudah merasakan pahit manis nya marketplace itu. Rugi jutaan rupiah karena terburu- buru memasang iklan, pernah saya alami. Kehujanan karena ada janji temu dengan produsen yang produk nya ingin saya upload di Shopee, juga pernah.

Hingga akhirnya, di waktu ini mendapatkan transaksi ratusan juta rupiah per bulan nya, sudah merupakan hal yang biasa. Ketika merintis pertama kali, saya masih jadi karyawan di salah satu perusahaan besar di Kediri. Kini sudah mengundurkan diri, dan bebas secara finansial.

Penghasilan Shopee Saya

Alasan membuat artikel ini

Beberapa teman dan kenalan saya, selalu merengek- rengek “Minta rahasia nya donk om Hasan, gimana cara jualan di Shopee untuk Pemula biar banjir pengunjung?”. Pertanyaan saya ini selalu saya jawab dengan “Tambah lah produk sebanyak mungkin, kalau bisa sampai ribuan produk”. Tetapi mereka rasanya kurang percaya dengan jawaban itu.

Karena sudah bosan hampir setiap hari mendengar pertanyaan yang sama, maka saya memutuskan untuk membuat artikel ini. Cepek juga kan harus menjawab pertanyaan yang itu- itu terus. Sekarang, bagi yang bertanya, tinggal saya beri tautan artikel ini. Dan mereka bisa membaca sendiri tips serta pengalaman pribadi saya disini.

Tidak ada rahasia khusus. Akan saya ceritakan semua yang saya lakukan.  Saya mendapatkan pengetahuan ini dari orang lain juga. Wajar sekiranya saya membagikan nya kembali kepada orang lain.

 

Hal dasar yang harus kalian pahami

Kunci Utama kesuksesan di Shopee

Kunci sukses cara jualan di shopee adalah harus memiliki banyak produk. Setidaknya, harus ada 1.000 (seribu) produk di awal, untuk bisa berharap mendapatkan penjualan 10- 30 juta/ bln. Memang, Anda harus siap- siap senam jari setiap hari, tapi demi kesuksesan di masa mendatang, hal ini mutlak dilakukan.

Cara lain nya untuk mengupload produk adalah dengan menggunakan Jasa Upload Produk Shopee dari DEVanoda (seperti yang saya lakukan). Hanya dalam kurun waktu 2 minggu, toko Shopee kita bisa penuh dengan barang dagangan dengan kategori produk yang kita minta.

Penjualan saya dulu mulai meningkat drastis setelah toko saya terisi seribu produk. Jadi, memang tidak ada rahasia apapun, kecuali memang menambah jumlah produk.

Barang tidak bisa langsung laku terjual

Pada tutorial nanti, saya akan menjelaskan tentang cara membuat toko di shopee. Namun, sebelum beranjak kesana, saya ingin Anda memikirkan satu hal ini dulu, sebagai landasan penting sebelum memulai.

Setelah Anda membuka akun, kemudian mengupload hanya puluhan barang saja, apakah Anda yakin akan langsung terjadi banyak penjualan ketika itu?. Jangan hanya melihat seller yang sudah besar, tanpa mengambil pembelajaran dari para penjual yang gagal.

Masalah utama dari mereka yang gagal di Shopee, adalah karena jumlah barang yang mereka miliki sedikit. Logika nya, semakin banyak jenis produk yang Anda jual, semakin besar peluang penjualan terjadi, ya kan !?.

Alasan lain nya adalah, karena rekomendasi produk lain, ditampilkan di bawah produk yang dilihat calon pembeli. Sehingga, ketika pembeli melihat sebuah produk Anda, mereka juga akan melihat produk Anda yang lain.

 

Memulai Jualan di Shopee

Setelah memahami hal dasar diatas, saat nya menggerakan jari untuk bertindak. Sesuai dengan judul artikel ini, saya jelaskan secara ringkas saja mengenai Cara Berjualan di Shopee. Tidak perlu khawatir, memulai nya tidak terlalu rumit. Nanti juga akan paham setelah beberapa hari mengotak- atik aplikasi nya.

Membuat Akun

  1. Download dan instal aplikasi Shopee di Playstore.
  2. Buka aplikasi tersebut, lalu tekan icon ‘Saya’ (ada di pojok kanan bawah).
  3. Selanjutnya, tekan tombol ‘Daftar’.
  4. Akan muncul beberapa pilihan pendaftaran, antara lain menggunakan Google, Facebook, Apple ID atau Line. Saya sarankan gunakan nomor telepon saja.
  5. Masukan nomor telepon, dapatkan kode verifikasi nya.
  6. Selesai. Akun Anda sudah jadi.
Cara buat akun di Shopee

Melengkapi Data

Meskipun bagian dalam pengisian data ini tidaklah sedikit, tetapi Anda perlu mengisi nya secara lengkap. Karena ini sangat berpengaruh pada penilaian reputasi akun Anda. Ingat !, akun yang bereputasi baik, akan lebih mendapatkan banyak kunjungan (pengalaman pribadi).

Hal penting kedua yang perlu diperhatikan, adalah ini bukan data toko, tetapi data akun. Oleh sebab itu, isi dengan data diri Anda yang sebenarnya. Jangan gunakan nama samaran, atau alamat tetangga Anda.

  1. Klik icon ‘Roda Gigi’ yang ada di sebelah atas.
  2. Klik ‘Profil Saya’. Kemudian lengkapi profil tersebut, sesuai identitas Anda yang sebenarnya.
  3. Selanjutnya, memasukan alamat. Klik kolom ‘Tambah alamat baru’, kemudian masukan alamat lengkap Anda saat ini.
Melengkapi data diri di Shopee

Menambahkan Nomor Rekening

  1. Buka pilihan: Kartu/ Rekening Bank.
  2. Pilih ‘Rekening Bank’.
  3. Masukan nomor rekening Anda disana.
  4. Jangan lupa lakukan verifikasi kembali.
Menambahkan nomor rekening

Membuka Toko

Panduan cara membuat toko di shopee ini tidaklah rumit dan banyak. Hanya langkah- langkah ringan saja yang perlu dilakukan, dimana berbagai kolom yang muncul di aplikasi bisa di isi dengan mudah.

  1. Klik tombol ‘Mulai Jual’.
  2. Klik tombol “Tambah Produk”.
  3. Nanti akan muncul pemberitahuan untuk mengatur jasa pengiriman. Silahkan itu diatur dahulu dengan cara klik “Atur Sekarang”.
  4. Ikuti instruksi sederhana yang tertampil.
Membuka Toko

Mengatur mode pengiriman.

  1. Langkah selanjutnya dalam cara jualan di shopee adalah memilih alamat Toko. Cara nya, hampir sama seperti sebelum nya. Jadi, tidak saya jelaskan kembali.
  2. Pada menu Pengaturan Jasa Kirim Toko, Anda hanya perlu memilih metode pengiriman yang tersedia di lokasi Anda.
  3. Upayakan untuk memilih sebanyak mungkin metode pengiriman ini. Pembeli kadang membatalkan pesanan, jika metode pengiriman favorit nya tidak ada.
  4. Setelah selesai, tekan tombol kembali.
Mengatur mode kiriman

Upload Produk

Bagian ini menjelaskan cara menjual barang di shopee, dan sering menjadi tantangan besar bagi para Seller. Kebanyakan mereka gagal menyediakan banyak produk di dalam toko nya, sehingga barang dagangan nya sedikit yang laku. Untuk mengupload produk, ikuti panduan nya dibawah ini.

  1. Klik tombol ‘Tambah Produk’. Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman produk.
  2. Klik tombol ‘Tambah foto’ untuk mengunggah foto produk Anda.
  3. Kemudian isi semua kolom yang tertera.
  4. Jika Anda memilih kategori produk tertentu, akan muncul banyak kolom lain yang perlu di isi. Jangan mengkosongi nya, agar nilai produk Anda bagus dan berpeluang lebih tinggi untuk ditampilkan.

Jasa Upload Produk Shopee dari DEVanoda, bisa menyelesaikan masalah ini. Dulu ketika saya memesan jasa ini, mereka mengisi toko Shopee saya dengan seribu produk, dalam waktu 2 minggu. Biaya nya dulu sekitar 3 juta an. Entah sekarang berapa, saya tidak tahu.

Btw, dulu juga saya pernah merekrut 3 orang untuk mencoba upload produk di Shopee ini. Saya beri mereka target 1 minggu, harus ada 100 produk yang terupload. Tetapi, akhirnya mereka keluar dan mengatakan kalau target pekerjaan nya terlalu berat.

Upload Produk

Verifikasi akun

Bagian ini jarang dituliskan pada artikel di website lain, padahal sangat penting untuk dilakukan. Tanpa memverifikasi akun, toko Anda hanya akan memiliki sedikit pengunjung.

Alasan nya, karena pihak Shopee ingin melindungi Customer nya, dengan hanya menampilkan toko yang sudah terverifikasi (aman). Toko yang tidak jelas pengelola nya, akan sangat jarang direkomendasikan.

Cara melakukan verifikasi ini, Klik ShopeePay di halaman utama aplikasi Shopee > Verifikasi Sekarang > lengkapi detail informasi yang diperlukan > Konfirmasi.

Saya sangat menyarankan, untuk mengikuti semua langkah diatas. Panduan tentang cara jualan di Shopee ini, saya tuliskan bukan hanya agar Anda bisa mulai berjualan segera. Tetapi agar Anda bisa menghasilkan omset yang tinggi dalam waktu yang singkat juga. Dan agar mencapai hal itu, semua langkah harus dilakukan.

 

Kunci Utama berjualan di Shopee

Perbanyak Produk

Seperti kegagalan dari pengalaman pribadi saya sebelum nya ketika pertama kali menjadi Seller di Shope, saya hanya mengupload 50 produk saja. Itu pun butuh waktu 1 bulan lebih. Mungkin ketika itu saya memang masih Gaptek, sehingga lambat dalam memasukan deskripsi (ngetik aja susah).

Saya hanya punya sedikit produk, karena memang di kota saya, hanya ada sedikit produsen yang bisa saya temukan. Saya sadar, jika hanya sedikit produk seperti ini, penjualan nya pasti tidak bisa banyak.

Tapi disisi lain, saya juga bingung !. Kalau mau menambah produk, saya harus mencari produsen lain. Sedangkan di kota saya, hanya itu- itu saja produsen nya. Masa harus ke luar kota?. Sedangkan saya sendiri masih bekerja sebagai karyawan ketika itu.

Saya dulu sempat juga membaca berbagai tutorial cara berjualan di shopee di berbagai artikel. Namun, semua artikel itu enggak ada yang berhasil. Entah itu dari kesalahan saya sendiri yang tidak paham ketika itu, atau mungkin artikel nya yang dibuat sembarangan.

Setelah bingung beberapa minggu, akhir nya saya memposting keluh kesal di Group Facebook. Kemudian ada anggota group bernama Pak Sudrajat memberi jawaban “Coba gunakan Jasa Upload Produk Shopee dari DEVanoda…”. Wah !. Kala itu, hati ini rasanya seakan terbebas dari beban berat. Masalah terbesar saya terpecahkan.

Bagaimana tidak !. Dengan jasa tersebut, saya hanya perlu membayar, kemudian menyerahkan semua nya kepada mereka. Toko saya terisi 1.000 (seribu) produk, lengkap dengan daftar produsen nya juga. Di sisi pihak saya, pekerjaan saya sebagai karyawan masih tetap bisa lanjut tanpa perlu cemas.

Memang, produsen itu ada yang dari Shopee, Tokopedia, dll. Saya pikir ketika itu “Wah, apa bisa laku nih, jika produsen nya sendiri ada di Shopee”. Eh, ternyata laku juga. Laris malahan.

Saya sadar ketika itu, bahwa produk yang murah atau yang memiliki rating tinggi dan penjualan yang banyak, belum tentu selalu tertampil di halaman depan. Bersyukur nya, sistem Shopee memberikan kesempatan kepada pemula seperti saya ini untuk bisa meraih porsi penjualan yang sama dengan Seller besar lain nya.

Pilih Produsen yang Kredibel

Ini juga lanjutan dari masalah jumlah produk di atas. Tips penting kedua tentang cara menjual barang di shopee adalah memilih produsen yang tepat. Produsen yang saya temukan di kota saya Kediri, sangatlah terbatas. Sehingga, produk yang bisa saya upload pun terbatas juga.

Jasa Upload Produk Shopee oleh DEVanoda itu seakan seperti peribahasa “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Akun saya tidak hanya terisi dengan banyak produk, tetapi mereka juga memberikan data tentang produsen nya juga.

Ratusan produsen bisa saya dapatkan dengan mudah. Sedih rasanya dulu kalau mengingat, 1 bulan mencari produsen, tetapi hanya dapat 5 pemasok saja. Itu cari nya sampai muter- muter ke seluruh penjuru kota.

Jangan melakukan promosi dahulu

Tolong !. Percaya saya dalam hal ini. Bila Anda baru di Shopee, jangan langsung melakukan promosi. Pahami dulu sistem nya, perbanyak dahulu produk toko Anda. Barulah, jika sudah yakin, lakukan promosi.

Saya selalu memberikan saran tentang cara jualan di shopee untuk pemula, kepada teman- teman saya yang baru menekuni bisnis ini. Kebanyakan mereka terlalu terburu- buru mengambil keputusan.

Pertama kali jadi Seller Shopee, saya mengeluarkan biaya promosi 5- 6 juta rupiah. Itu pun hanya dapat 4 transaksi penjualan, dengan keuntungan bersih sekitar 150 ribu.

Fakta unik nya adalah, setelah banyak sekali produk saya tambahkan, saya tidak melakukan promosi sama sekali. Ya, untuk apa membayar biaya promosi, sudah ada pembeli yang datang sendiri.

 

Penutup

Sekian artikel saya untuk berbagi pengalaman mengenai Cara Jualan di Shopee. Semoga bisa menambah wawasan, dan menjawab semua pertanyaan dari rekan- rekan saya, yang selalu tanya “Rahasia nya apa pak Hasan… Rahasia nya apa..?”.

Terimakasih saya ucapkan kepada Pak Sudrajat, Bu Shinta, Pak Dhe Romli, dan Mas Calvin, yang beberapa tahun lalu telah banyak menjawab pertanyaan saya di Group Facebook, ketika saya masih tidak tahu apa- apa.

Pak Sudrajat yang akun Facebook nya sudah tidak aktif lagi, jika ada waktu, saya ingin mampir ke rumah bapak dan bertemu langsung. Semoga masih diberi umur panjang pak ya.

Hasan Azhari

Pengusaha Shopee yang mulai dari NOL~ Kamu memberi, kamu nanti akan mendapatkan. Hobi memelihara Kelinci.

Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
David Saphire

Wah, trik nya udah mulai disebarkan nih. Gw siap bergerak sensei..

Btw, rahasia nya simple ya. Upload produk yang banyak. Ya, emang bener sih. Asalkan dijual dengan harga normal, meski sedikit mahal daripada pesaing, maka akan tetap jalan. Apalagi sampai 1.000 produk, mustajab kalau gak ada satu orang pun yang beli. Hehehe.

Salut dengan trik sederhana nya.

Elly Stevia

Maaf sedikit menyanggah om. Saya ada cerita personal.

Dua orang teman saya menggunakan jasa DEVanoda tersebut. Kedua toko mereka tambahi seribu produk dari jasa DEVanoda itu. Tapi mereka berdua meminta kategori yang berbeda.

Sayang sekali, dua- dua nya penghasilan nya tidak sama. Yang satu penghasilan nya sekian puluh juta, satu nya lagi beberapa juta saja.

Cukup berbeda jauh.

Jadi, mungkin pemilihan kategori yang tepat, bisa menjadi penentu banyak nya pelanggan yang di dapatkan.

Elly Stevia

OK. Btw saldo nya fantastis banget :d Jadi pengen berguru nih sama om nya. Wkwkw

Elly Stevia

Wkwkw. Oke mas

Johan Setiawan

WOW, pemain baru shoppe sudah langsung dapat omset jutaan rupiah tuh dah lumayan loh.